Friday 16 December 2016

Google Kerepotan Bendung Situs Abal-abal Penebar Hoax


Jakarta - Kemunculan situs Abal-abal dan berita Hoax di internet sulit dibendung. Raksasa mesin pencari Google mau tidak mau harus turut andil dalm kondisi ini. Country Director Google Indonesia Tony Keusgen mengaku bahwa pihaknya bekerja keras membersihkan situs abal-abal. Namun masalahnya, Google sendiri kewalahan mengontrol peredaran berita hoax dan berbagai situs tak jelas yang di upload ke internet.

"Kami sebisa mungkin berusaha menyajikan informasi palin dapat di percaya di pencarian teratas. Namun ada banyak pihak yang bisa mengupload data, termasuk informasi palsu. Kami belum bisa mengontrol itu, tapi kami berupaya merekomendasikan informasi paling  terpercaya," ujarnya usai acara Year in Search 2016 di The Gunawarman, Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Head of Communicationts Google Indoonesia, Putri Silalahi menambahkan, salah satu upaya Google antara lain dengan merangkul publisher dan media yang kredibel untuk menampilkan informasi yang bisa dipercaya.

"Misalnya, untuk Google News itu kan, we work with you guys, agar yang muncul dalam pencarian teratas adalah news yang sudah pasti factual," sebut Putri. 

Google juga memanfaatkan teknologi Accelerated Mobile Pages (AMP). Teknologi ini di tujukan bagi publisher dan media yang kompeten, agar konten mereka tidak berat saat diakses netizen.

"Maka pakai AMP itu supaya website dari media-media terpercaya menjadi ringan. Jadi ketika mereka nyari-nyari informasi di mobile, berita-berita dari situs terpercaya itu tampil duluan. Jadi pengguna cenderung akan lebih mengakses situs-situs terpercaya," sebut Putri.

Sumber Artikel : detikcom


No comments:

Post a Comment