Friday 30 December 2016

Demi Mobil Pintar Otonom, Google dan Honda Bersatu

mobil pintar Waymo

Belum lama membentuk anak perusahaan baru bernama Waymo, Google kini menggandeng Honda untuk mengembangkan teknologi mobil pintar otonom. Pada dasarnya Waymo berada dibawah perusahaan induk Google, Alphabet. Kemunculan anak perusahaan Waymo seakan menjadi bukti keseriusan Alphabet untuk memonetisasi bisnis dan melakukan proses riset lebih mendalam.

Kini perusahaan siap mengembangkan teknologi sensor dan peranti lunak bersama Honda yang bisa menguatkan mobil pintar. Baik Google dan Honda saling bersinergi sesuai ranahnya masing-masing. Google bisa membuat sistem kemudi otonom, sementara peran Honda lebih kepada produksi mobil itu sendiri.

Waymo Google saat ini memang telah sepakat dengan produsen Fiat Chrysler dan dikabarkan akan meluncurkan uji coba 100 unit minivan Chrysler Pacifica yang telah ditanamkan teknologi self-driving.

Nah, kerjasama Waymo dengan Honda ini dipercaya bisa mengikuti jejak kesepakatannya dengan Fiat Chrysler, bahkan berpotensi untuk mengembangkan aplikasi lebih luas lagi. Sekadar di ketahui, sesaat pengumuman hadirnya Waymo, sang CEO John Krafcik mengatakan bahwa perusahaan tidak tertarik memproduksi mobil otonom sendiri, tetapi akan mengembangkan teknologi di belakangnya. Ia memastikan teknologi yang dimaksud sudah siap diproduksi dan akan diungkap dalam wakktu dekat.

"Kami bisa membayangkan akan seperti apa teknologi mobil otonom ketika nantinya digunakan secara massal. Langkah ini merupakan bentuk kepercayaan diri untuk kian dekat menghadirkan teknologi ini untuk banyak orang," kata Krafcik.


No comments:

Post a Comment