Friday 28 October 2016

Sundar Pichai, Hard Work Never Betrays You


Setelah terlahirnya Alphabet, perusahaan yang menaungi Google resmi di umumkan oleh Larry Page mantan CEO Google yang sekarang menjadi Chief Executive Alphabet. Ada sosok yang menjadi sorotan yaitu Sundar Pichai CEO baru Google yang jabatan sebelumnya adalah wakil presiden dari management Produk Google. Nama Sundar sebagai kandidat karena prestasinya mengantarkan Chrome sebagai browser populer dengan waktu singkat.

Penunjukan Sundar menjadi kehebohan tersendiri dikarenakan di Google banyak sekali orang yang bertalenta dan berkompeten untuk menjadi CEO Google. Lahir dari keluarga sederhana dan sekarang mampu menebus semua kekurangannya. Sundar merupakan salah satu bukti bahwa Hard Work Never Betrays  You.

Sebelumnya ia ditawarkan jabatan sebagai Chief Product di Twitter walaupun sudah bekerja di Google. Google bereaksi dengan memberikan saham senilai USD 50 Juta kepada Sundar agar terus bekerja untuk Google.

Sundar Pichai lahir di Chennai India pada tahun 1972, ibunya merupakan seorang Stenographer, sedangkan sang Ayah bekerja sebagai teknisi di General Electric Company. Keluarga Sundar hanya keluar sederhana yang tinggal di sebuah apartement 2 kamar, tidak memiliki televisi apalagi mobil. Keluarga Sundar hanya mampu memeliki telepon sewaktu Sundar menginjak 12 tahun.

Ia mengambil gelar Sarjana Technology nya di Indian Institute Of Technology Kharagpur. Sundar mendapatkan beasiswa untuk melanjukan studinya di Stanford University Amerika untuk mengambil gelar Master Of Science nya pada tahun 1993. Tidak hanya itu, dia juga mendapatkan Master of Business Administration di Wharton School pada tahun 2002. Keberangkatannya ke Amerika bukan hal yang mudah, Ayahnya sempat mencari pinjaman kesana kemari tapi tidak mendapatkan hasil, akhirnya sang Ayah mengambil tabungan keluarga hingga US$ 1.000 lebih dari gaji setahunnya untuk membiayai keberangkatan Sundar. 

Sundar bergabung dengan Google sebagai wakil presiden manajemen produk pada tahun 2004, pada tahun 2008 ia berhasil meluncurkan Web Browser Chrome. Sundar mampu membentuk Tim yang solid yang diakui oleh Chris Beckman, mantan manajer produk di Google. Chris mengatakan bahwa tim Sundar merupakan terbaik diantara yang terbaik.

Sundar juga mengurus Android setelah salah satu pendiri dan CEO Android, Andy Rubin, mundur dari jabatannya pada bulan Maret 2013 untuk melanjutkan proyek Robotik rahasia di Google. Page menunjuk Sundar untuk bertanggung jawab mengembangkan Android. Sundar juga di percaya menangani divisi mesin pencari Google, Maps, Google+, Iklan dan infrastruktur sebelum diangkat sebagai CEO Google. Ia juga menjadi anggota executive L Team, yaitu tim executive yang langsung melapor ke Larry Page.

Sundar juga merupakan pribadi yang sportif, memberikan promosi kepada yang terbaik tanpa ada unsur kedekatan. Tak heran ia sangat disukai oleh para pekerja di Google dan ingin bergabung ke dalam Timnya. Kini, semua karyawan Google resmi di bawah ke pemimpinannya.

BACA JUGA :
Microsoft Pernah Menawar Facebook 313 Triliun

No comments:

Post a Comment