Monday 24 October 2016

Microsoft Pernah Menawar Facebook Rp.313 Triliun

Mantan CEO Microsoft, Steve Ballmer

Microsoft telah menyadari potensi Facebook jauh sebelum media sosial ini meraksasa seperti sekarang.

Sang pemilik sistem operasi Windows itu pun pernah coba membeli Facebook dengan tawaran yang menggiurkan, yaitu mencapai USD 24 miliar atau Rp. 313 Triliun.

Hal itu diungkapkan oleh mantan CEO Microsoft, Steve Ballmer dalam sebuah wawancara dengan CNBC, sebagaimana dirangkum Kompastekno.

"Tawarannya diajukan ketika Facebook masih kecil" kata Ballmer. Pria ini menjabat sebagai CEO Microsoft dari tahun 2000 hingga tahun 2014 silam. Microsoft sendiri menawar Facebook pada tahun 2010.

Namun tawaran itu ditolak oleh Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook, ujar Steve Ballmer. "saya menghargai keputusannya" lanjut pria kepala plontos itu.

Ketertarikan Microsoft terhadap Facebook sudah lama diketahui.

Dalam buku The Facebook Effect yang diterbitkan pada tahun 2010, penulis dan jurnalis teknologi David Kirkpatrick pernah menguraikan proses yang bakal ditempuh Microsoft jika jadi membeli Facebook.

"Microsoft akan mendapat sebagian kecil saham di Facebook senilai USD 15 Miliar, lalu Microsoft akan membeli 5 % saham Facebook setiap 6 bulan berikutnya. Akuisisi total memakan waktu 5 sampai 7 tahun". Tulis Kirkpatrick.

Sebelum itu Yahoo juga pernah menawar Facebook pada tahun 2006 dengan nilai USD 1 Miliar.

Keputusan Mark menolak tawaran dari Microsoft dan Yahoo terbukti jitu. Media sosial buatannya itu sekarang memiliki valuasi sekitar USD 374 Miliar, sementara Zuckerberg menjadi orang terkaya nomor 4 di Dunia dengan total nilai kekayaan USD 56 Miliar. 

Steve Ballmer sekarang merupakan pemilik Tim bola Basket Los Angeles Clippers, melanjutkan hobi olahraganya dahulu. Dia tercatat sebagai orang terkaya nomor 15 di Dunia dengan nilai kekayaan USD 28 Miliar.

Sumber : Kompas

No comments:

Post a Comment